PENGERTIAN KELISTRIKAN

PENGERTIAN KELISTRIKAN


Kelistrikan yaitu sifat benda yang timbul dari adanya perpindahan muatan listrik positif atau proton kedalam muatan negatif atau electron. dikarenakan adanya perbedaan potensial yang akhirnya menghasilkan sumber listrik.
Sebaiknya kita melaksanakan uji kelistrikan. Maksudnya yaitu untuk mengetahui apakah kualitas arus listrik yang kita konsumsi sudah optimal atau belum dimulai dari arus listrik, tegangan listrik, hambatan listrik, faktor daya, kualitas daya dan faktor yang lainnya.
Alat yang cocok digunakan untuk mengukur kelistrikan itu ada banyak jenisnya. Salah satu jenis yang dapat kita gunakan ialah Voltage Detector. Alat voltage detector adalah salah satu jenis alat dari coltmeter atau alat uji kelistrikan yang dimanfaatkan untuk menguji tegangan pada suatu rangkaian kelistrikan.
Voltage detector ini berguna untuk mengetahui apakah di dalam sumber listrik atau arus listrik yang kita gunakan ada sumber listriknya atau tidak. Dan alat tersebut sangat mudah untuk digunakan.
Cara penggunaanya yaitu kita hanya perlu menghubungkan bagian ujung dari voltage detector ke listrik atau sumber tegangan yang ingin kita uji.
Voltage detector dan tespen juga memiliki perbedaan yang cukup jelas. Kita lihat dari cara penggunannya, lampu indikator atau led yang ada di tespen akan menyala jika ada tegangan pada sumber daya yang sedang diuji.
Namun jika kita mengujinya melalui alat voltage detecter tersebut, maka alat tersebut akan bergetar apabila terdapat sumber daya pada arus listrik yang sedang di uji.
Selain itu, voltage detector juga memiliki display yang menampilkan data tegangan yang sedang diukur. Jadi akan cukup jelas data yang kita inginkan. Voltage detector juga dapat menguji arus listrik pada tegangan AC dan DC. 

Comments

Popular posts from this blog

KERAJINAN LIMBAH PECAHAN KERAMIK

KERAJINAN LIMBAH PECAHAN KACA